Apa Itu KOL Dan Perannya Dalam Membantu Perkembangan Bisnis

Di era sekarang ini influencer mempunyai peranan yang penting untuk bisnis karena mempunyai pengikut yang banyak. Influencer bisa memberikan pengaruhnya pada pengikutnya, sehingga akhirnya bisa membeli produk atau menggunakan jasa tertentu yang diiklankan oleh seorang influencer tersebut. Dalam marketing online juga dikenal KOL yang mempunyai peranan hampir sama dengan influencer yaitu untuk memberikan pengaruh pada konsumen mengenai produk atau jasa tertentu.

apa itu kol key opinion leader

Apa itu KOL dapat mudah diartikan sebagai seorang yang mempunyai keahlian di bidang tertentu. KOL merupakan orang yang ahli di bidangnya, sehingga mempunyai dasaran ilmu yang digunakan untuk bisa mempengaruhi audience yang dipunyai. KOL juga sering disebut seorang spesialis atau pakar, sehingga membuat hal yang dikatakan atau dipromosikan ketika bekerjasama dengan produk atau jasa tertentu akan bisa dipercaya dan didengarkan lebih banyak orang. Key opinion leader atau KOL mempunyai keahlian dalam bidang tertentu, sehingga audience lebih akan mendengarkan saran dan masukan yang diberikan oleh seorang KOL dibandingkan influencer.

Saat Anda mempunyai bisnis yang ingin bekerjasama dengan KOL, maka bisa memilih KOL dari jenisnya sehingga bisa memberikan hasil pemasaran yang lebih optimal. KOL digolongkan sesuai dengan pengikut yang dipunyai terbagi dari nano influencer yang mempunyai pengikut hingga 10 ribu, micro influencers mempunyai hingga 50 ribu pengikut, hingga mega influencers yang mempunyai lebih dari 1 juta pengikut.

Jasa KOL bisa membantu untuk membuat bisnis menjadi lebih berkembang karena dapat memberikan manfaat untuk melakukan promosi yang lebih efisien agar lebih dikenal banyak orang, bisa membantu meningkatkan kredibilitas brand, hingga membantu meningkatkan followers pada akun bisnis dan mendapatkan pelanggan baru.

Bisnis bisa berkembang dan lebih maju dengan menggunakan jasa KOL. Bekerjasama dengan KOL bisa membuat promosi yang dilakukan lebih kredibel mengingat KOL yang mempunyai background atau pengetahuan yang dipunyai, sehingga pemasaran yang menggunakan jasa KOL akan lebih berhasil untuk menarik minat konsumen secara umum. Bisnis Anda bisa bekerjasama dengan KOL yang dikelola oleh jasa agency digital Marketz yang mempunyai KOL yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, jenis bisnis, hingga budget yang dipunyai untuk promosi.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama